Gegeong


Geong atau Gegeong adalah salah satu bentuk ayunan bayi Suku Sasak - Lombok,disamping ayunan dari kain Lempotatau Bendang ( Kain buat menggendong Bayi ) yang diikat pada daun pintu atau ( sangat jarang ) pada daun jendela /sente jendele .
Geong Permanent ini biasanya terbuat dari Kayu,Bambu atau Rotan atau gabungan dari ketiga bahan tersebut.
Kayu atau bambu sebagai Tiang ( Tken Penungke ) atau palang sedangkan anyaman Rotan sebagai Jaring ataulasahnya dan juga sebagai tali pengikatnya.
Zaman dahulu pembuatan Geong sepenuhnya dipakai bahan yang diambil dari alam,tali dari rotan atau bambu yang dipilin/dianyam bahkan untuk paku sekalipun dipakai paku yang terbuat dari bambu aur ( atau treng tali ).
Kini seiring perkembangan Techno...Geong tradisional sudah mulai ditinggalkan.ibu - ibu yang mempunyai bayi lebih memilih yang ber-branded ( merk )
yang terbuat dari besi,fiber atau baja,tentu saja dengan tambahan Gadget danaccesories yang lengkap,bahkan mempunyai Remote control segala.Mitos / Kepercayaan tentang Geong :

Ladik bontong ( pisau patah ) yang berkarat atau masih baru tapi harus patah.harus ( wajib ) ditaruh dibawah alas Geong dengan tujuan agar si baby dijaga dan merasa kerasan ( insah ) tidur dalam Geong.

Gambar Geong Modern :